Jumat, 19 Oktober 2012

sejarah masuknya email di indonesia

Sejarah email di Indonesia tentunya berbarengan dengan masuknya teknologi internet itu sendiri. Tulisan tentang eksistensi jaringan internet di Indonesia dapat anda lihat di artikel-artikel di beberapa media massa. Sebagai contoh adalah “Jaringan Internet Biaya Murah Menggunakan Radio” pada Kompas edisi November 1990. Jika ditelusuri lebih jauh, Internet di Indonesia masuk jauh sebelum artikel di Kompas itu dibuat. Kemungkinan internet masuk di Indonesia sejak tahun 1980-an. Sekitar tahun 1988, pengguna Internet Indonesia memanfaatkan CIX dari Inggris dan Compuserve buatan Amerika Serikat untuk mengakses Internet.
sejarah email di indonesia
CIX menawarkan jasa email dan newsgroup, lalu menawarkan pula HTTP dan FTP. Compuserve pun setali tiga uang, pada tahun 1989 menawarkan jasa sejenis. Pengguna internet saat itu memakai modem 1200 bps dan menggunakan saluran telepon internasional yang sangat mahal. Compuserve sedikit berbeda, mereka menggunakan modem yang disalurkan pada gateway infonet yang ada di Indonesia, berpusat di Jakarta. Alamat internet protocol (IP) pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206/24) yang didaftarkan Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Pada tahun 1994, muncul Internet Service Provider (ISP) komersial yang pertama di Indonesia, yakni IndoNet. Setelah tahun-tahun tersebut, Internet di Indonesia berkembang dengan cepat hingga hari ini kita dapat menikmati internet dengan murah di rumah. Lalu yang menjadi pertanyaan, kapan email pertama kali muncul atau sejarah email dimulai di Indonesia?
Dalam artikel berjudul “Hikayat Awal Penggunaan Milis di Indonesia, Rahmat M. Samik Ibrahim mengatakan bahwa pada tahun 1980-an terdapat sebuah skrip yang dapat mengirimkan pesan atau email ke seluruh staf pada mesin komputer mini Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (PUSILKOM UI) yang menggunakan data general berbasis Advanced Operating System/Virtual Storage (AOS/VS). Ada lagi catatan tentang beberapa akademisi UI, yakni Johny Moningka dan Jos Luhukay pada tahun 1983 mengembangkan pesan berbasis Unix dan ethernet. Bisa saja ini adalah sejarah email pertama Indonesia, meskipun tidak menutup kemungkinan dunia bisnis di Indonesia sudah memanfaatkan email dalam pekerjaan mereka jauh sebelum itu.
Pada tahun 1980-an hingga akhir 1990-an, milis sangat disukai oleh banyak orang. Milis dimanfaatkan untuk sarana komunikasi pelajar yang di luar negeri dan sarana komunikasi berbagai komunitas di Indonesia. Milis ini ibarat jejaring sosial di masanya. Milis sendiri adalah grup diskusi di internet. Seseorang bisa berlangganan dan ikut serta dalam sebuah diskusi. Ada satu alamat email khusus yang ketika anda mengirimkan sebuah pesan ke alamat tersebut maka pesan anda akan diteruskan kepada seluruh anggota milis. Tentu saja maraknya milis membuktikan bahwa penggunaan email sudah marak di Indonesia kala itu. Sayangnya penelitian lebih lanjut tentang siapa yang menggunakan email pertama kali, kepada siapa dikirimkan dan apa isinya tidak pernah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar